Budaya Kompak, Warga Desa Ini Bisa Bantu Tiap Anak Yatim Rp 700 Ribu - Berita Indonesia

Berita Seputar Kejadian Peristiwa yang Terjadi Di Tanah Air Indonesia NKRI

Copyright BERITAINDONKRI

Hot

Post Top Ad

Jumat, 31 Mei 2019

Budaya Kompak, Warga Desa Ini Bisa Bantu Tiap Anak Yatim Rp 700 Ribu

IBC, MURATARA – Kekompakan yang membudaya di masyarakat Desa Sungai Baung, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, patut diancungkan jempol.

Pasalnya karena budaya kompak tersebut kerap berbuah manis, yaitu selalu dapat membantu anak yatim/piatu dan orang tua jompo di setiap tahunnya.

Menurut keterangan salah satu pengurus penggalangan, Bedul Arahman, kekompakan dalam penggalangan bantuan untuk anak yatim/piatu dan orang tua jompo telah lama di gagas oleh para tokoh desa. Bahkan menjadi pelopor di Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Yo, la lamo kami ngadokan e, mungkin mulai e 2014 lalu seingat awak. (ya, sudah lama kami adakan, mungkin sejak 2014 lalu – red),” ujarnya saat ditemui awak media Indonesia Berita di rumahnya, Rabu (29/5/2019) lalu.

Jumlah anak yatim/piatu dan orang tua jompo di Desa Sungai Baung tergolong cukup banyak berkisar 80 orang, mungkin dikarenakan kepadatan penduduknya yang berkisar 7.000 jiwa.

Di setiap tahunnya para anak yatim/piatu dan orang tua jompo selalu mendapatkan bantuan dengan jumlah bervariasi sesuai dengan kondisi si penerima.

Bedul menerangkan bahwa dana di dapatkan dari sumbangan tamu undangan di setiap hajatan nikah.

“Dana yang dikumpulkan selama setahun, didapatkan dari sumbangan sukarela para tamu undangan di setiap hajatan nikah, setiap hajatan bisa terkumpul Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 bahkan ada yang sampai Rp 1.500.000 tergantung banyaknya tamu undangan yang hadir.” terangnya.

Lebih lanjut Bedul mengungkapkan uang sumbangan yang didapat pertahunnya tidak selalu sama jumlahnya,

“Kadang meningkat, kadang juga menurun, tergantung saldo yang di miliki.” lanjut Bedul.

Namun demikian dia mengatakan bahwa tahun ini setiap anak yatim mendapatkan Rp 700.000, Piatu mendapatkan Rp 300.000 dan orang tua jompo mendapatkan Rp 150.000.

“Alhamdulillah karena tahun ini meningkat dari tahun kemarin. Dan semoga kegiatan pengumpulan dana secara sukarela ini terus berlanjut sehingga bisa membantu meringankan beban wali dari anak-anak tersebut.” tutupnya.

Penulis : Fitra

Editor : YES



from Indonesia Berita http://bit.ly/2WgIEoq
via gqrds

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad